Pengaruh Menggunakan Media Pembelajaran Pada Aplikasi Game Kahoot Terhadap Evaluasi Pembelajaran PAI di SMP Swasta An-Nizam Medan

Authors

  • Irza Azmia Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
  • Mario Kasduri Universitas Muhammadiyah Sumatra Utara

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpion.v2i4.193

Keywords:

Keywords: Aplication, kahhot Game, Evaluation

Abstract

This application is a game-based learning media that is able to create a lively and fun atmosphere in the classroom. By using the Kahoot application, learning becomes very fun and makes students not bored when following lessons that are difficult to understand.

      Learning evaluation is a process used to determine the level of achievement of predetermined learning objectives through systematic activities. The Kahoot application is a web-based learning media or application that is used as an online-based evaluation process tool that makes it easier for teachers to increase students' interest in participating in evaluation activities. The aim of this research is to determine the process of using the Kahoot application as a digital-based game tool in the process of evaluating Islamic Religious Education learning at SMP Swasta An-Nizam in Medan.

 

References

Noor Amirudin. (2019). Problematika Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Era Digital. Gresik: Prosiding Seminar Nasional.

Noven Yudeansyah. (2022). Peranan Profesionalitas Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Mempertahankan Nilai Religiusitas Siswa Di Era Resolusi Industri 4.0 (Studi Pada SMA Negeri 5 Bengkulu Selatan). Bengkul: An-Nizom.

Aziz, A & Zakir, S. (2022). Tantangan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Era 4.0

Bukittinggi: IRJE (Jurnal Ilmu Pendidikan).

Sayidah, Rahma Diana (2022) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN KAHOOT TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR PAI KELAS VIII SMP N 2 BAMBANGLIPURO BANTUL.UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA : Skripsi, Thesis.

Maziyyah, Sayyidah Ayu. (2021). Efektivitas penggunaan media pembelajaran berbasis permainan (digital game based learning) jenis aplikasi Kahoot terhadap hasil pembelajaran PAI kelas VII pada era new normal di SMP Negeri 1 Turen. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

Alfanani, Aldian. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Aplikasi Kahoot Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar PAI Kelas VIII SMP Negeri 1 Pare. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

Octafany, Assya. (2022). Pemanfaatan Game Edukasi Kahoot Dalam Pembelajaran PAI Kelas VIII di SMP Negeri 2 Banjarmangu Kabupaten Banjarnegara. Undergraduate (S1) thesis, UIN Prof. K.H Saifuddin Zuhri Purwokerto.

Rahmad, Yoga Nugroho & A’yun, Qurroti & Sufiyana, Atikah Zuhroti. (2022). PEMANFAATAN APLIKASI KAHOOT! SEBAGAI DIGITAL GAME BASED LEARNING PADA MATA PELAJARAN FIQH DI SMP NEGERI 6 SINGOSARI MALANG. Malang: Jurnal Pendidikan Islam.

Azmi, Annisa & Rahman Yulia. (2022). Peningkatan Hasil Belajar PAI Siswa Kelas VII di SMP Negeri 3 Ampek Angkek Berbantuan Media Kuis Kahoot. Bukittinggi: Imdonesian Research Journal on Education.

Ma’ruf, Afiq & Alfurqan. (2022). ANALISIS PENGGUNAAN APLIKASI KAHOOT SEBAGAI DIGITAL GAME BASED LEARNING DALAM EVALUASI PEMBELAJARAN PAI DI SMA NEGERI 2 PADANG. Universitas Negeri Padang: As-Sabiqun Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini.

Hayi, Fauzih. (2019). Penerapan game kahoot dalam pembelajaran untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran PAI materi iman kepada Rosul Allah: Penelitian tindakan kelas pada siswa kelas VIII A di SMP Karya Budi Cileunyi Bandung. UIN Sunan Gunung Djati Bandung : Digital Library.

Maffati, Izzah & Hanif, Muhammad & Dewi, Mutiara Sari. (2021). PENGGUNAAN MEDIA INTERAKTIF KAHOOT PADA MATAPELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP NEGERI 6 SINGOSARI. Jurnal Pendidikan Islam.

Assyidiq, U. A. (2015). Problematika Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMAN 1 Mojo Kediri, Tulungagung: Pendidikan Agama Islam. Skripsi

Puspitasari, Rina & Suparman Suparman & Fahrunisa Fahrunisa. (2022). Pengaruh Media Pembelajaran Kahoot Berbasis Game Based Learning terhadap Minat dan Hasil Belajar Peserta Didik. Edukatif Jurnal Pendidikan

Published

2023-11-10

How to Cite

Azmia, I., & Mario Kasduri. (2023). Pengaruh Menggunakan Media Pembelajaran Pada Aplikasi Game Kahoot Terhadap Evaluasi Pembelajaran PAI di SMP Swasta An-Nizam Medan. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan Indonesia, 2(4), 451–456. https://doi.org/10.31004/jpion.v2i4.193